Resep Bumbu Kacang Sate Ayam Spesial

Resep Bumbu Kacang Spesial Sate Ayam Spesial. Kalian tahu kacang? Yups, kacang yang ditanam ditanah. Hehehehehe. Jika kalian mengonsumsi kacang-kacangan dengan tepat kalian akan mendapatkan manfaatnya, kenapa? Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan berenergi dengan konsentrasi serat yang tinggi untuk para atlet. Tahu kan sekarang kalau atlet diwajibkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan? Selain itu, kacang-kacangan kaya kalori, nutrisi dan lemak tak jenuh yang mampu mencegah penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang memiliki risiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kacang. Mereka yang mengonsumsi kacang dalam jumlah sedang, memiliki risiko dengan tingkat menengah. Kacang-kacangan juga kaya arginine yaitu asam amino yang menstimulasi produksi nitrat oksida, yang mampu merelaksasi sel-sel pembuluh arteri dan juga mampu mencegah darah mengental dan menggumpal.

Banyak juga yang menghindari mengonsumsi kacang-kacangan karena takut menimbulkan jerawat, padahal kacang-kacangan mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Timbulnya jerawat bukan kacang-kacangan kog menyebabnya melainkan karena kurang menjaga kebersihan, salah memilih kosmetik, sering menyentuh wajah menggunakan tangan, dan tidak seimbangnya hormon. 

Lalu adakah olahan kacang tanah yang biasanya kalian nimati? Kacang goreng, kacang rebus atau rempeyek kacang? Semua enak ya dan menggiurkan untuk dimakan. Saat aku menulis resep ini aku membayangkan bahwa disampingku sekarang ada satu toples rempeyek, satu piring kacang rebus dan beberapa camilan lainnya. Tapi, semua hanya mimpi yang ada hanya buku-buku dan laptop yang tengah aku pijit-pijit sekarang. Hehehehehhe.

Baiklah, berlari dari khayalan yang memabukkan itu. kali ini saya akan berbagi resep Bumbu Kacang Sate Ayam Spesial. Kalian nggak akan nyangka aku bisa menulis resep yang sangat biasa dan sudah umum ditelinga kalian. tak mengapa, karena aku ingin berbagi resep sate ayam yang super special. Bagaimana dengan cara memasak sate ayam kalian? Trus bumbu yang kalian gunakan itu apa aja? Yah, begitulah yang terlintas dipikiranku. Mungkin perbedaan bumbulah yang menjadikan sate ayam ini akan jauh lebih special dari sate ayam yang lainnya.

Kalau kalian memiliki ayam hidup jangan langsung dipotong, pelihara aja dulu biar besar trus kalau udah besar baru deh kalian potong. Kalau mau mencoba resep sate ayam special ini beli aja di pasar atau di warung tapi ingat ya dagingnya yang bagus jangan yang tiren. Semakin bertele-tele semakin penasaran dengan resepnya, yuk cek resep Bumbu Kacang Sate Ayam Spesial di bawah:

Bahan:

- 4 potong dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong dadu sesuai selera

Bumbu perendam:

- 150 yogurt ala Yunani

- 2 sdm daun ketumbar, cincang halus

- 1 sdt ketumbar halus

- 1 sdt kunyit bubuk

- Lada hitam secukupnya

Bumbu sate:

- 1 batang saun sereh cincang

- 1 siung bawang merah cincang

- 1 cm jahe parut

- 2 buah cabai merah, cincang halus

- 1 sdt bubuk cabai

- 2 sdm minyak sayur

- 250 gr kacang goreng, buang kulitnya, haluskan

- 175 ml santan

- 1 sdm gula merah disisir

- Air perasan 1 buah jeruk nipis

Cara membuat:

1. Campur semua bahan perendam. Tuang diatas daging ayam, tutup dan masukan ke dalam lemari es selama 2 jam

2. Blender sereh, bawang merah, jahe, cabai, bubuk cabai, dan minyak sayur

3. Tusuk potongan daging ayam dengan tusuk sate dan panggang selama 15 menit sambil dibolak-balik

4. Tuang sedikit minyak ke dalam wajan, lalu tumis bumbu yang telah diblender selama sekitar 3 menit. Tambahkan kacang kemudian aduk rata

5. Kecilkan api dan masukkan santan, gula merah, dan air jeruk nipis. Tambahkan air jika ingin membuat bumbu sate yang lebih encer

Wah, mudah sekali ya buat Bumbu Kacang Sate Ayam Spesial. Trus bumbu yang buat special apa? Ya itu ayamnya direndam dalam bumbu yang sudah diracik. Penambahan yogurt juga membuat semua bumbu meresap sempurna. Tinggal kalian praktekin nih di rumah dan coba untuk mengirimkan hasilnya kepada saya, cukup gambar aja kog dan komentar kalian nggak perlu satenya kirim ke rumah saya, tapi kalau kalian ingin aku sih boleh-boleh aja itung-itung rejeki, hehehheehhhe. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bumbu Kacang Sate Ayam Spesial"

Post a Comment